Postingan

Menampilkan postingan dari 2009

Christmas and me

So it is christmas and what have you done?

Ok. . . I have been listening christmas song for a week ago. . . With the same song years over years. But i really enjoy it.

Joy to the world the LORD is come. . . .
And every December, i just don't think about the others. For me, December is a celebration for xmas. December is full of green and red. December is lighting the candle.
And now, there is one i celebrate in December, that is his birthday. . . Hehe.

Hark the herald angel sing. . . .
Such as a great, luxurious, mercy, joy, enormous Night, when my Jesus came to this world.
I imagine that, thousands of angel sing and dance together to praise the King of King.

I'm dreaming of a white chrismas. . . .
Yuhuu. . . . Emmm i think it will be a perfect holiday, if someday i could spend my christmas holiday in Europe or America, where the snow is falling down and i will make a snowman. Oh, and it will be more special if i go there with my someone special. Hohoho. . . . I hope, he reads it. . . …

Berserah

Beberapa hal sedang mengkhawatirkanku. Terutama masalah kesehatan diri sendiri. Setidaknya ada 5 problem kesehatan yang bercokol di tubuhku. Dan semuanya adalah penyakit yang bolehlah dikatakan sederhana, tapi kronis. Tiga diantaranya sudah pasti tak akan kembali normal.
Mungkin ditambah pengetahuanku akan dunia kedokteran, makin membuatku was was dan khawatir. . .
Fiuuhh. . . . Berat. Tapi aku gak boleh menyerah.
Dari 5 indra, 3 diantaranya patologis. Tapi justru dengan semua kekuranganku ini, aku diajak Tuhan untuk melihat betapa besarnya DIA lewat tubuhku yang penuh kekurangan.
Dengan semua kelemahan ini, membuatku semakin berharap pada NYA.

Terima kasih TUHAN.

Kekhawatiran boleh datang menyerang sewaktu-waktu. Tapi sekali dia datang, tak akan kubiarkan dia berlama-lama dipikiranku. Allahku jauh lebih besar dari semua pergumulan kesehatanku.

Aku diijinkan Tuhan untuk merasakan kelemahan ini, agar ketika nantinya aku melayani pasien, maka sedapat mungkin aku dapat ikut merasakan yang merek…

Lab pertama

Psikiatri. . .
Dua minggu sudah saya di lab ilmu kesehatan jiwa. Dan saya mulai menikmati. Menikmati profesi saya yang baru sebagai coas. Belajar banyak tentang jiwa seorang manusia. Melihat dan mencoba merasakan pergumulan mereka yang gangguan jiwa, putus zat, retardasi mental, dan lainnya. Terkagum dengan perjuangan mereka untuk sembuh. Menggelengkan kepala menyaksikan keluarga mereka yang dengan setia menunggui. Sungguh. . . . Tuhan itu luar biasa.

Tertempelak dengan semua yang kulihat dan kuresapi disana. Betapa tidak bersyukurnya saya. . . .

Pelajaran berharga, semua manusia ingin didengar, ingin dimengerti dan ingin dikasihi.

Jadi sandra, tebarkan kasih terhadap sesama. Yakinkan bahwa orang lain dapat merasakan pengaruhmu.

Sandra
06-12-09

Hari yang terhilang

'hai, apa kabar? Gimana kegiatannya? Tetap semangat ya! Maaf baru sempat sms tadi masi ini dan itu. . . .'
Dan semuanya sibuk.
Beginilah jika kau di Mars dan aku di Venus. Kadang aku merasa, selamanya makhluk Mars takkan bisa masuk ke dunianya Venus. Tapi kau tetap disana dan bertahan. . .

Dan semuanya berkutat dengan dunianya. . .
Memilikimu terkadang membuatku bertanya, seberapa jauh aku mengenalmu. Kau dan harianmu, apakah aku dapat berada disana?

Dan kita mulai tenggelam dalam rutinitas. Aku yang egois atau kau yang menghilang?
Semua pertanyaan muncul karena ada yang hilang. . . . .
Sungguh, aku tak ingin.

Mendekatlah dan genggam tanganku jangan kau lepas. . .


Sandra
Untuk hari yang terhilang
23 nop 09

di ujung usiaku

‘aku ingin bersamamu hingga diujung usiaku…’

Rasanya sedikit egois jika sampai aku mengatakan ini. Memang terlihat suatu kesungguhan, sekilas nampak ada kesetiaan, sepintas dia yang kau tujukan kalimat ini akan bahagia. Tapi cobalah sejenak kau cermati makna dibalik kalimat itu. Hingga diujung usiaku aku hanya ingin bersamamu. Artinya sampai kau menutup mata kelak, kau hanya menginginkan dia ada disampingmu. Beruntung jika kau dan dia pada saat yang bersamaan menutup mata selamanya bersama. Atau jika kamu yang dipanggil duluan, maka harapanmu untuk bersama dia sampai diujung usiamu terwujud. Lalu bagaimana dengan dia yang kau tinggalkan? Ketika kau akhirnya pergi, segala urusanmu didunia ini berakhir, tapi dia masih ada, dan bayangkan perasaannya yang kau tinggal pergi.
Kau berkata, ‘aku tak dapat hidup tanpamu…. Tetaplah disini hingga diujung usiaku’. Baiklah itu kalimat indah. Tapi bukankah itu berarti, ‘tolong jangan tinggalkan aku, kalo gak, aku gak tau harus gimana, aku butuh kamu…

Senyummu, sukacitaku

When you are smiling and i feel joy. . .
Suatu masa tercipta dalam imajiku. Sebut saja itu adalah Zaman Tanpa Kata. Di masa itu, kau tidak perlu mengeluarkan sepatah kata pun. Bila kau lapar, cukup memegang perutmu, bila kau marah berkacakpingganglah, bila kau bahagia menarilah, bila kau ingin mencurahkan perasaanmu pada ibumu cukup duduk didekatnya, menangislah atau sekedar tidur di dadanya dan dia akan mengelus rambutmu dan seketika kau tenang. Bila kau ingin berdoa masuklah dalam kamar, bertelut, dan ucapkan syukur dalam hati. Lalu bagaimana jika kau jatuh cinta dan kau ingin dia tahu perasaanmu? Sederhana. Genggamlah tangannya, pandangi matanya dan tersenyumlah dengan lebar, niscaya perasaanmu akan tersalurkan.
*** Untuk kamu :
Ada sukacita ketika melihatmu tersenyum lebar. Serasa ingin mengatakan, 'tenanglah kamu, aku ada'.
Senyummu meyakinkanku akan mimpi kita, akan harapan kita. Jika boleh meminta, maka tolong jangan pernah berhenti tersenyum.
And when you smile, just remmember…

Met malam

Dan tidurlah sayang
Biarkan dirimu merentang melayang
Dan aku disana menunggu dirimu tuk terbang bersama
Sampai esok kan menjelang. . . . .

Slamat tidur sayang. . .
Kadang enggan berpisah dengan di malam hari
Kadang ingin cepat pagi datang supaya dapat kembali bersamamu

Tapi sekarang ini, untuk waktu ini,
Ku ingin cepat lelap agar dapat melayang bersamamu di sana. . .
Karena ku tahu. . . .

Dalam masa kita bersama
Dalam waktu yang kita rangkai
Bersyukur dapat memilikimu

Jika tidur dapat mempertemukan aku dan engkau
Jika terjaga kudapati engkau disisi,
Maka apalagi yang kupinta?

Tidurlah sayang. . .
Lelahmu hari ini akan tergantikan dengan mimpi kita

Terjagalah sayang
Dan aku sedang tersenyum menanti matamu terbuka menyambut hari.

Bermimpilah mimpi tentang diriku
Jadikan sebagai bunga tidurmu yang indah
(Andra n the back bone - Dan tidurlah sayang)

Sandra
29 sept 09

Buat dia.

belajar mencintai

Jika saya mencintai hingga menyakitkan, maka tidak ada lagi luka, yang ada hanya mencintai lebih dalam lagi.(Ibu Theresa)
Mencoba mengerti tentang cinta
Padahal cinta tak pernah habis untuk dibahas dan dimengerti.

Mencoba sedikit lebih ahli ketika berbicara tentang cinta
Padahal cinta bukanlah sesuatu permainan dimana ketika kau sudah sering memainkan permainan itu maka kau akan dikatakan ‘expert’.

Seseorang pernah bertanya, ‘San menurutmu apa itu cinta?’
Dan untuk pertanyaan itu ijinkan aku bertutur disini.

Cinta adalah sumber dari hidup ini.
Oleh karena itu seseorang yang bernafas dan tidak mengenal cinta, maka sesungguhnya dia belum mengenal makna hidup itu sendiri.

Cinta adalah ketika kau berhasil membuat orang lain tersenyum walaupun untuk itu kau harus menangis.
Maka yakinlah setiap senyum tulus yang terukir diwajahmu lahir dari cinta yang kau dapatkan.

Cinta bukanlah bicara mengenai ‘aku’, tapi cinta berbicara mengenai dia.
Maka berhentilah memikirkan dirimu ketika kau mencintai.

Kau hanya…

Benang Merah

Benang Merah

ada suatu masa di mana terdapat seutas benang pengikat dan penghubung
hatiku dan hatimu, walaupun tidak terlihat,
percayalah dia berwarna merah.

konon benang itu begitu kuat, sehingga ketika kau tertawa disana,
benang itu akan bergetar dan membuatku tertawa mengikutimu.
Dan ketika aku ingat kamu, tinggal kutarik benang itu
dan tanpa kesulitan kau akan datang kepadaku.
Ya,,, dulu kau dan aku begitu mudah karena si Benang Merah

Benang Merah itu adalah pengawas gerak-gerik kita
karena aku percaya Benang Merah tak pandai berdusta
Dan saat bentangan samudera menghalangi pandanganku terhadapmu,
hanya kepada benang itu aku bertumpu.

Satu yang aku lupa...
segala yang di dunia itu sementara
termasuk nasib Benang Merah.
Kekuatannya mulai aus, salah siapa?
Jangan tanyakan itu...
Saat Kau terbayang diriku..
kenanglah masa dimana Benang Merah kita itu ada.
Karena saat ini benang itu sudah kisut,
tak mampu lagi membawa pesanku kepadamu.

Bisakah semuanya diperbaiki?
rasaku tidak!


sandra
10 maret 2008


==========…

I want to take this time...

Ingin membagi cerita tentang seorang adek sekolah minggu yang kudampingi. Namanya Gio, kelas 6 SD umur 11 tahun (hehehe Gio, k sandra sengaja ingin buat kamu terkenal ^o^).
San : (seperti biasa memulai percakapan dengan hal yang mereka suka) Udah nonton HP6 Gio?
Gio : udah kak
San : kalo transformer?
Gio : udah juga kak, aku lebih suka transformer.
San : oh gtu, nontonnya sama siapa?
Gio : sendiri kak
San : sendiri??
Yah singkat cerita adekku itu selalu nonton bioskop sendirian, mulai dari ngantri tiket, beli jajan, menikmati film 2 jam sendirian dan selalu di bangku paling atas. Dan katanya dia emang gak mau ditemani temennya.
Hehe. Luar biasa menurutku. Padahal anaknya di kelas termasuk anak yang mudah bergaul, banyak temen, n lumayan nakal sih. Hehehe.
Ehm intinya dari cerita Gio, aku belajar bahwa ada saat-saat dimana kita lebih nyaman untuk sendiri. Ada saat dimana kita tidak mau diganggu. Ada saat dimana dalam detik itu hanya ada aku dan diriku.
Menurutku, menikmati saat ketika kita bisa d…

Another days

Another days for me trying to survive.

Don't know what to say...
Many questions is running around my head, but i can't to answer it yet.
I try to be survive.
Before u came, i was a survivor, hadn't i?
I am surely, i can live without u.
Yes i can.
Coz u are not my cause to alive...
But, why must i think about u?
Ok, who are u? So now i am worrying bout u...
I am survivor. No matter there is you or not.
Eventhough u are there and it is not for me. I am still a survivor.

So.... If it is your decission (although till now, i don't know what it is), i will receive it.
For i know, u make the best choice. . . .
Hahahaha
Maybe u will laugh to read this.
Yeah i try to fix this. To fix my feeling in you. And now, i can smile for you, for everymoment u had shared it. I smile, because i know, i can be survive...

Jul 12th

Gud nite, sweet dream!

Sweet dream. . .
Mendoakan orang supaya mimpi indah.
Bisa ya?
Mimpi indah dan terjaga dengan kecewa.
Mimpi banyak makanan dan terbangun dengan perut keroncongan.
Mimpi ada dia dan terbangun mendapati sendirian.
Mimpi indah.
Mimpi sambil tersenyum, sehingga tak mau bangun lagi.
Mimpi indah.
Alangkah inginnya hidup dalam keindahan itu..

Gud nite sweet dream....
Yeah tonight i miss you to say that....

abu-abu

Jika YA hendaklah katakan YA, Jika TIDAK hendaklah katakan TIDAK...
Seumpama pilihan dalam hidup dijadikan warna, maka menurutku yang sah hanya ada 2 warna, hitam dan putih. Kau jujur maka kau putih, kau menipu maka kau hitam. Tapi sungguh disayangkan, kita (manusia) dengan akalnya, dengan ketidakpuasannya, dengan keegoisannya, membuat suatu ruangan sendiri antara hitam dan putih yaitu area abu-abu.

Sejak masuk semester 1 saya sudah komitmen bahwa saya tidak akan titip absen kuliah. Sampe kemudian waktu semester 6 di hari senin saya ngambil 3 mata kuliah, absen sudah diedarkan dari pagi, jadi sudah saya ttd 3-3nya, tapi kemudian tidak ikut kuliah yang ke3, absen tidak saya hapus. Saya pikir, kan itu juga TTD saya, bukan saya nitip ke orang,hehe nakal. Toh dosen juga tidak pernah ngecek saya hadir apa gak. Lagian saya gak masuk kuliah juga untuk suatu kepentingan mendesak. Ternyata Tuhan menghendaki lain, karena saat itu oleh dosennya saya ketahuan tidak masuk padahal ada tanda tangannya…

berpikir untuk sesuatu yang besar

Barusan mbaca efesus 5 :23-33…
Tentang hubungan suami istri…..
Suami haruslah mengasihi istrinya seperti dia mengasihi dirinya sendiri
Dan istri haruslah menghormati suaminya…..

Ok ini list yang dituntut dari seorang istri
1. suami adalah kepala istri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat.
2. istri haruslah tunduk kepada suami dalam SEGALA SESUATU
kalo dari suami
1. kasihi istrimu seperti Kristus mengaihi jemaat
2. mengasihi istrinya seperi tubuhnya sendiri
hal ini melambangkan hubungan Kristus dan jemaat.

Ehmmmm jujur aku sangat kesulitan dalam hal penundukan diri terhadap orang lain. Kalo terhadap Tuhan aku sudah sangat berusaha untuk bisa tunduk. Tapi sama orang lain? Oh nanti dulu.

Apalagi selama ini sudah sangat biasa untuk hidup sendiri. Mengambil semua keputusan sendiri. Menjalani dan menanggung semua akibat dan tanggung jawab sendiri. Dan nanti akan tiba saat dimana aku harus tunduk dalam SEGALA SESUATU kepada orang lain. Huwaahhhhh…. TUHAN mampukan Sandra.
Siapa nanti yang akan jadi …

knowing too much

Jika kita mengetahui terlalu banyak…..
Setiap hari kita dibanjiri oleh banyak sekali informasi. Dari tv, radio, Koran, internet, perbincangan orang, dan sebagainya. Tak ada alas an untuk kita ketinggalan berita. Artis X walopun nun jauh di Jakarta sono, tapi dengan mudah kita bisa tahu sarapan dia pagi ini menunya apa, dengan hanya duduk diam melihat dan mendengarkan seorang pembawa acara gosip bercuap-cuap, menceritakan bahwa dia barusan dari rumah artis X dan mengadakan kejutan di pagi hari.
Atau gak usah jauh-jauh, jangankan artis sekarang dengan adanya facebook, kita dengan gampangnya bisa tahu teman smp kita yang udah 8 tahun gak ketemu lagi ngapain sekarang. Dia lagi pacaran sama siapa. dia lagi tengkar gak sama pacarnya, cukup dengan log in ke facebook dan tahulah kita seluruh kegiatan atau pikiran teman kita yang sedang berlangsung.
Tentu sangat menyenangkan menjadi orang yang up to date. Kalo ngobrol sama orang jadi gak kagok, soalnya tahu segala sesuatu yang terjadi. Perbincan…

aku ada

Aku ada…..

Di malam ini, di suatu titik kota ini, ingin kuteriakkan aku ada.

Aku ada dan aku pernah mengharapkanmu bertahun yang lalu.

Masa itu sudah lewat ditelan ribuan hari yang berkejaran menutupi kisahmu, tapi waktu itu pernah ada.

Disaat aku masih sangat belia, di saat aku masih terlalu hijau, disaat aku polos, disitulah aku mencintaimu dengan terbatas.

Terbatas akan pengertianku tentang cinta.
Terbatas akan jurang antara aku dan engkau
Serta terbatas dengan engkau yang angkuh.

Aku menyayangimu dalam diam.
Aku menyayangimu dan membahasakannya dengan tatapan kagum.
Aku menyayangimu cukup dengan melihatmu lewat menuju kantin.
Aku menyayangimu ketika aku mendengar kau berbicara dengan temanmu.

Aku mencintaimu dengan sederhana….

Dan saat ini aku berbicara tentang cinta….
Seolah saat itu akulah sang pakar cinta.
Aku yang kecil dan duniaku yang sempit, terlalu menantang untuk aku membicarakan cinta.
Benarkah aku mencintaimu?
Hanya si kecil aku yang dapat menjawab pertanyaan itu…..

Malam tahu dengan pas…

buat nike,,, selamat ulang tahun

Gambar
3 juni 1991

Aku masih berusia 3 tahun saat itu.
Tapi samar kuingat, waktu itu sudah malam dan para keluarga banyak berdatangan ke rumah. Mama dikamar depan. Aku dilarang masuk, kata mereka: ‘Adek udah lahir. Perempuan’. Aku penasaran melihat mukamu, yang kuingat tangismu tidak kencang, ahhh sampai sekarangpun kadang kau menangis tanpa suara bukan? Haha.

Aku lupa. Tapi yang kuingat kemudian mama berkata bahwa namanya nike. Aku melihat dengan iri saat kau dengan lahap menikmati air susu mama. Satu kejadian yang masih ku rekam, mama menyusuimu diruang tamu, aku berdiri sampingnya sambil menatap ke halaman rumah kita yang luas, aku berkata ‘ma,,, san pengen ajak adek lari-lari di luar’. Hahaha

Kemudian kau bertumbuh dengan cepat. Kau sangat ramah. Kau selalu tersenyum, liat saja foto masa kecilmu yang sangat centil itu. Semua orang mencintaimu. Kau sering sakit. Perhatian papa dan mama banyak terkuras buatmu. Hahaha maafkan untuk bekas cacar di perutmu karena saat itu aku yang menyuruh memeca…

memberi persembahan

persembahan
Hari ini saya setelah ibadah kebaktian siang, diminta tolong oleh pengurus komisi pemuda untuk menghitung persembahan. Ini sesuatu yang baru karena biasanya saya hanya diminta menjadi kolektan di kebaktian siang. Menghitung persembahan sih aktivitas setiap minggu tapi hanya dalam skala sekolah minggu. Itupun karena jumlah anaknya 30 jadi menghitung cukup satu orang dalam 5 menit selesai. Kalo untuk kebaktian umum baru kali ini.
Setelah selesai doa penutup bersama pdt, uang dari kantong persembahan digelar, yang menghitung berkisar 8 orang, 4 orang pemuda dan 4 lainnya bapak-ibu majelis. Sebagai info gereja saya termasuk gereja yang besar. Di hari minggu ada 5 kali kebaktian dengan 2 tempat gereja. Jadi bisa dibayangkan jumlah uang yang terkumpul pastilah banyak lembarannya. Yang dilakukan pertama adalah menghitung uang yang nominalnya besar, yang nolnya 5, uang warna biru, hijau dan merah. Dominasi dari lembaran-lembaran uang itu adalah uang dengan gambar patimura membawa pa…

Oma Dora dan Salomo

Digerejaku ada seorang oma yang menarik perhatianku. Namanya oma Dora. Usianya berkisar 65-70 tahun. Tapi kuperkirakan dia berusia 70 tahun. Walopun begitu semangatnya dia bener-bener two thumbs up. Wow. Luar biasa. Dia gesit walaupun sudah tua. Di usia tuanya pelayanan yang dia ikuti bermacam-macam, setahu saya mulai dari paduan suara sampai penerima tamu. Setiap ada doa malam atau malam puji dan doa dapat dipastikan akan menemukan oma dora disana.

Saya sering merasa malu jika saya melihat diri saya sendiri. Usia baru juga 21, belum menikah, waktu luang masih banyak, tapi sering sekali mengeluh, menunda pekerjaan, kadang males buat pelayanan. Sungguh terlalu.

Saya kemudian diingatkan kepada raja Israel yang ketiga. Seorang dengan penuh hikmat yang sangat masyur. Seorang dengan pesonanya terhadap wanita sehingga istrinya mencapai ratusan. Seorang yang mengarang kata-kata bijaksana dan romantis yang menjadi inspirasi sepanjang masa. Salomo. Pada masa tuanya, dia berkata bahwa segala yang…

Aku dan malam

Seperti yang sudah-sudah...
Siapakah yang menunggu malam? Saya.
Saya dan kejadian siang, semakin disempurnakan dengan datangnya malam.
Malam itu refleksi
Malam itu berleha
Malam itu menyudahi
Malam itu gelap
Malam itu menenangkan
Dan terlebih, saya suka udara malam yang membelai...

Selamat malam Kekasih jiwaku...
Aku berdua bersamamu sepanjang hari,
Tapi terlebih kunantikan Engkau saat malam.

Aku menyukai malam. Aku senang bermanja dengan malam.

Malam ini,
Seperti yang sudah-sudah...
Terkadang kumerindukan dia datang...

Sandra
Malang di malam hari.
23 mei 2009

Malamku berdiam dengan tenang
Kekasihku sedang menungguku

Rasa ini

Rasa ini

Akankah itu abadi?
Hari ini mungkin akan ada banyak cinta dari manusia untukmu, tapi belum tentu esok kau akan tersenyum sumringah seperti sekarang.

Hari ini, kau mungkin marah terhadap dia yang menyakitimu, tapi di lain waktu kau akan melihat dia sebagai seorang yang kau kagumi.

Rasa
Akankah itu untuk selamanya?
Diwaktu dulu semua perasaan kau berikan untuknya, kau memikirkannya setiap hari, berpikir dunia akan berakhir jika hidup tanpanya, dan sekarang kau hanya tersenyum ketika menengok ke belakang, karena rasa untuk dia sudah menjadi tawar.

Perasaan

Huuhh
Dan sekarang aku bicara perasaan. Seolah akulah yang paling tahu.
Si manusia kecil ini dengan percaya dirinya yang berlebihan ingin mengemukakan perasaan. Tahu apa dia? Oh . . . Bukan dia, tapi aku.
Tahu apa aku?

Dulu aku percaya perasaan kita saling menggenggam. Sehingga aku dapat merasakan apa yang mungkin kau rasakan.
Hahaha, itu sudah sangat lama terjadi.
Sekarang biarkan perasaan berkelana dengan pasti.
Mencari suatu pelabuhan ya…

Tersenyum dengan hati teriris

Untuk sekali ini, aku kembali dengan perasaan yang sama, dengan hati yang sama, dengan senyum yang sama.

Untuk sekali ini, luka yang belum mengering itu kembali terbuka. Bebat yang pernah melapisi hati seolah tak sanggup menaham nanah yaeg meleleh akibat sayatan itu.

Namun aku selalu diam.

Diam dan menahan perih.
Dan tidak hanya itu, di tengah kesakitan itu, aku tersenyum.
Sekali lagi aku harus tersenyum untuk mengatakan, 'haha. . . Aku baik-baik saja'.
Seolah wajahku dan hatiku berasal dari nyawa yang berbeda.
Wajahku tersenyum tapi hatiku tersedu.

:-)
Sebentuk senyum diwajah, seolah ingin menjelaskan semuanya.
Senyum ini adalah bantahan terhadap semua kenyataan
Senyum ini terkadang menjadi penyangkalan akan semua risau.
Senyum ini memang penghiburku

Sekali lagi untuk sekali ini, salah satu dari dia kembali dan kemudian melemparku. Aku tersenyum dan tersedu.
Tersenyum untuk ketegaranku, untuk kesabaranku.
Dan tersedu untuk luka yang belum mengering.

Malang, 09 mei 2009.
00.15

tidur......zzzzzz

Gak bisa tidur saudara-saudara.
Padahal pengeennnn banget tidur. Tapi gak bisa.

Kemaren abis jaga clerk obgyn, dari jam 3 sore sampe jam 5 pagi. Bagi 2 shift, yang pertama di UGD dari jam 3 itu sampe jam 10 malam. Selama tujuh jam itu gak ada OB sama sekali. Wah untung di kita sebenare. Soalnya aku kemaren tu rada-rada gak niat buat clerk. Huhuhu. Jadinya aku manfaatin waktunya buat ngerjain program PKNM, waktu sisanya ya cerita-cerita sama mbak-mas co assnya. Hehe. Trus lanjut lagi, operan sama kamar bersalin. Awalnya sih sepi-sepi aja, aku dapat kebagian kursi, jadi kalo mau tidur juga sangat memungkinkan, tapi blas gak bisa tidur. Duh padahal pengen banget tidur. Di kaber bisa liat 2partus, trus ada OB lain juga PROM sama satu lagi, n dua-duanya di-SC, tapi clerk gak bisa ngintip. Kaber tenang waktu itu. Makanya aku nyesel banget gak bisa tidur.
Ya sudah karena gak bisa tidur, aku mengkhayalkan tentang kasurku, wah pasti empuk banget ya tidur di kasurku saat ini, ditemani guling n ba…

tipi.... pentingkah??

Aku pindah kontrakan sejak 6 maret 2009, yah hitung-hitung sudah sebulan setengah. Dan selama itu juga aku benar-benar berpisah dengan yang namanya tivi. Secara selama 3 setengah tahun aku hidup bersama adek, jadi harta karun milik bersama, so pas mau pindahan ceritanya kita bagi-bagi hak milik gitu deh. Dan tivi dibawa sama adekku. Jujur ya, aku termasuk salah satu dari sekian juta pemirsa yang setia sama barang elektronik yang satu ini.
Pagi-pagi kalo misalnya kuliahnya siang udah nyetel tivi, nonton gossip kalo gak gitu kartun. Kalo udah siangan nonton berita sama gossip juga. Sore gossip lagi sama sinetron, malemnya acara yang ketawa-ketiwi gitu. Lengkap deh.

Awalnya aku berkelit kalo aku hanya menjadikan tivi sebagai hiburan semata. Padahal perlahan namun pasti aku sudah menjadikan tivi sebagai berhala. Serem baget ya. Tapi bener, rasanya kalo sehari gak liat gossip, wahh kayak gak lengkap gitu deh. Belum lagi nanti di kuliah sama temen-temen ngerumpi acara gossip kalo gak sinetron…

sebelum bertemu denganmu.......

Sebelum bertemu denganmu….

Tulisan ini aku buat untuk kamu, teman terkasihku….

Hidupku sudah sempurna sebelum bertemu denganmu. Aku sudah memiliki Seorang Pujaan yaitu Sahabat Sejati yang adalah Sumber Kasihku. kurasakan hal itu cukup bagiku. Tentu kau juga sudah mengenal dengan baik Sahabat Sejati itu, karena ku yakin DIA juga Sahabatmu. Lalu untuk apa aku kemudian harus bertemu dengan engkau suatu saat nanti? Aku bertanya pada Pujaanku, dan DIA menjawab: “Kau harus dipersatukan bersama teman terkasihmu, bukan untuk memenuhi kebutuhanmu, tapi untuk memenuhi rancangan-KU, aku menginginkan dirimu dan dirinya untuk suatu tujuan yang lebih besar, menjadi terang, membangun suatu keluarga dimana AKU menjadi kepalanya”. Saat itu aku mengangguk tanda mengerti.

Ah temanku, itu sudah lama sekali. Dan kemudian aku pun menjadi tidak sabar, aku terus mendesak untuk segera dipertemukan dengan engkau. Sahabatku hanya diam kala itu. Suatu kali, dimana aku melupakan janji Sahabatku, dengan kehendakku ak…

orang baik = orang bodoh ??

Tentang memanfaatkan kebaikan orang..

Di sekolah mingguku, ada sepasang anak yang karena masalah keuangan keluarga mereka jadi suka meminta-minta. Awalnya kami memberi dengan kasihan, lama-lama merekanya jadi kebiasaan. Sudahlah aku tidak mau membahas itu.

Yang ingin aku bagikan adalah, kita yang serba salah.
Orang baik tu sebenarnya kasihan lho. Kenapa? Iya, soalnya orang baik tu sering dimanfaatkan. Orang baik tu sering ditipu, orang baik tu sering digampangin.
Contoh ya:
-dosen kita tu baek banget, sabar, murah senyum, gak gampang meledak. Justru karena itu, kalo dia yang ngajar, kita jalan santai kalo ke kuliah, ah paling dia gak bakalan marah, baek kok. Kalo tugas, kita ngerjain yah sebegitu adanya, baek kok orangnya, pasti deh nilainya bagus.
-orang baek juga pasti enak kalo disuruh-suruh. Pembawaannya ya pasti nurut. Kalo kepanitiaan gitu, pas lagi panas-panasnya, yang paling direpotin ya orang baek itu. Disuruh beli ini itu, ngetik ini itu. Apalagi kalo udah baik, rajin sigap pula.
-…

I hate this..

Benar, aku gak suka perasaan seperti.
Yaitu disaat banyak hal yang sebenarnya harus dilakukan, tapi akunya malah bersantai-santai ria menikmati lagu di kamar..
Otak ini sudah me-recall hal hal yang harus dikerjakan, tapi ya itu kaki dan tangan tak dapat diajak bekerja sama...
Mana sendirian lagi di rumah.
Dari tadi sudah sms beberapa orang tapi gak ada yang balas.
Tambah komplit...

I hate this situation.
When i know what must i do, but i am too lazy to realize those.

Oh God.
Once again i beg you, give me Your spirit...

Apakah ini adalah salah satu perasaan Yunus, ketika dia dikasih amanat sama Allah untuk pergi ke Ninihwe? Sehingga dia malah melarikan diri ke Tarsis.
Yunus tau dengan sangat pasti bahwa Allah menginginkan dia untuk melayani di Niniwe.
Tapi mengapa Yunus lari dari panggilan ini?

Apa Yunus saat itu juga sdikit merasakan yang aku rasakan? Tau apa yang harus dilakukan, tapi mengalihkan perhatian ke hal lain?
I dunno. . . .

Satu yang ku tahu, mata Tuhan tidak pernah lepas dari Yunus. Mung…

mood

Menyempatkan diri untuk menulis…

Hoho, sebenarnya kurang tepat juga aku nulis di minggu pagi ini.
Seharusnya dengan sigap sekarang aku harus udah mandi buat ke gereja, ato paling gak begitu buka laptop langsung buatin materi penyuluhan PKNM. Bukannya malah buka-buka facebook, baca catatan orang (hobby sih)

Dan salah satu catatan teman mengganggu pikiranku. Seperti biasalah mood aku emang seperti itu, mudah berganti, mudah diganti. Dan aku sadar sesadar=sadarnya kalo hal ini gak bagus juga. Kan Tuhan menginginkan aku untuk tetap bersukacita. Bersukacita dan bersukacita.
Filipi 4:4  bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan, sekali lagi kukatakan bersukacitalah.
Ini emang sulit, tapi kudu dilakukan. Bersukacita dalam keadaan apapun. Dalam situasi yang bagaimanapun. Entah itu bersukacita di tengah hutan pada malam hari yang gelap tanpa seorang pun, atau tetap bersukacita di sore yang berawan dengan mendung menggantung dan menghalangi pandangan terbenamnya matahari, ataupun di pagi hari yang kel…

saat hujan tiba

Aku sudah lupa bagaimana proses turunnya hujan. Hujan datang dengan semua reaksi kimia-fisika-geologi dan logus logus yang lain.
Yang pasti hujan tentunya menciptakan kenangan bagi penikmatnya,

Pada masa kecilku, aku adalah salah satu penikmat hujan.
Aku sering menikmati hujan dari balik kaca ruang tamu, menatap tetesan hujan yang jatuh dengan keroyokan, menikmati bagaimana tetesan air yang seolah berbaris itu memecah ketika jatuh ke batu. Begitu teratur. Hujan membuat suatu kesenangan sendiri bagiku, karena denagn begitu lamunanku akan menjadi lebih imajinatif dengan turunnya hujan.

Saat hujan tiba, maka sekumpulan tetangga-tetangga kecilku akan berkumpul di depan rumahku yang berhadapan dengan jalan besar, memainkan genangan air di jalan raya, dan menikmati cipratan air yang dihasilkan oleh kendaraan yang ,melaju denngan kecepatan tinggi ketika melintasi genangan tersebut. Mereka bergembira, mereka tertawa, mereka berjingkrak-jingkrak, dan aku menikmati pemandangan itu dengan perasaan…

kasih yang tersimpan di keronkongan

Kalo aku dapat memberi nama sebuah hari, maka ijinkan aku untuk menamakan hari selasa tanggal 25 juni 2002 adalah papa’s day.
Karena di hari tersebut betapa aku merasakan bahagianya punya ayah seperti beliau.
Dan saat ini, setelah tujuh tahun peristiwa itu berlalu, dan kenangan yang ada hanyalah tinggal sepenggal cerita, aku merindukannya.

25 juni 2002
Dan aku adalah remaja, manusia kecil berusia 14 tahun yang saat itu sedang bersiap-siap untuk merantau. Hari itu adalah hari terakhirku bersama papa dan kedua adekku yang tak ikut mengantarku ke malang. Dan hari terakhir itu harus aku manfaatkan betul untuk mengurus banyak hal harus secepatnya selesai sebelum aku mendaftar ke SMA. Dan semua pada hari itu aku lakukan bersama papa. Entah itu adalah suatu berkat ataupun penyulit, hari itu motor papa rusak sehingga semua urusan itu harus dilakukan dengan berjalan kaki. Pikiranku saat itu tak dapat dilukiskan, aku memikirkan betapa sedihnya aku harus meninggalkan adekku cewek berusia 11 tahun, …

Antara cinta, anatomi dan rupiah

Seorang putri bertanya pada pangerannya, ‘Pujaan hatiku, apakah yang engkau cintai dariku? Sang pangeran memandang mesra pada putrinya, menatapnya dengan penuh binar, ‘kekasihku, aku mencintaimu karena anatomi tubuh yang kau miliki, aku mencintai setiap lekuk pada tubuhmu, setiap melihatmu, asmaraku semakin menggelora, sungguh kau membuatku tak dapat berpaling ketika aku menatap mu dan tubuhmu.’ Sang putri tersipu malu mendengar untaian kata dari pangeran. Walau sunguh dalam hati kecilnya dia tidak merasa puas, entah apa itu. Sang pangeran balik bertanya pada sang putrid, ‘bagaimana dengan engkau kekasihku? Jujurlah padaku apa yang paling kau cintai dari diriku?’ sedikit bingung, sang putri menghadapi pertanyaan ini, tertunduk sang putri memikirkan jawaban jujur yang harus dikatakannya, ‘pujaan hatiku, aku mengaggumi fisikmu, aku mengaggumi keperkasaanmu, tapi yang paling membuatku tergila-gila padamu adalah rupiah yang kau kantongi. Aku begitu nyaman ketika berada di dekatmu dan mend…

Tuhan hadir dalam setiaphal remeh

Setelah membaca ‘Tuhan mengapa aku harus pergi ke cina?’(Grace Suryani), aku jadi dibukakan bahwa Tuhan memperhatikan kehidupan kita sampai bagian yang terkecil sekalipun. Dan benar setelah seminggu ini aku ‘mencoba’ memperhatikan hal-hal remeh yang mungkin terlewatkan olehku, aku dapat merasakan bahwa Tuhan itu sangat sangat nyata dalamku. Senyata seorang sahabat yang setia menemaniku, senyata Bapa yang memperhatikan dan menuntunku.

Kemaren aku sama nirmala beli-beli perlengkapan kontrakan baru di hypermart. Awalnya kami sempat was-was soalnya perlengkapan yang kami butuhkan tu lumayan tidak nyambung, yaitu karpet, kompor gas, tali paku, lampu. Tapi puji Tuhan semuanya tersedia dengan lengkap di hypermart. Tuhan tahu kalo kami tidak punya kendaraan sehingga Tuhan memudahkan, bahkan paku pun ada di hypermart. Semuanya sudah terbeli dan akhirnya kami pulang menaruh barang di kontrakan. Terus keluar lagi maunya beli tabung LPG. Waktu itu dompet aku tinggal di kontrakan n bawa duitnya 100…

bersyukur itu indah

Bersyukur itu indah

Quota diatas aku ambil dari judul buku Pdt. Agus Yahya.

Bersyukur itu indah.
Kata dengan makna yang sangat dalam.

Katakan ‘Bersyukur’ sebelum kamu membuka kotak kado ulang tahunmu yang ada di depan pintu kamarmu.
Katakan ‘Bersyukur’ sebelum kamu mengintip kertas hasil studimu.
Katakan ‘Bersyukur’ sebelum pada pagi hari kamu bangun dari tempat tidur dan memulai aktivitasmu yang padat hari itu.
Katakan ‘Bersyukur’ bahkan ketika cuaca diluar hujan dan angin kencang menerpa sehingga kamu harus terkurung dalam rumah dan tidak bisa pergi kemana-mana.
Katakan ‘Bersyukur’ saat kamu mengetahui bahwa tabungan yang sudah kamu siapkan harus dipakai untuk hal lain yang bukan untukmu.

Biasakan mulutmu untuk berkata ‘Bersyukur’, yakinlah bahwa itu adalah kata yang manis, kata yang membuat hatimu tentram, kata yang membuat engkau siap untuk segala realita. Kata yang membuat engkau semakin dewasa.

Bersyukur itu melegakan.
Bersyukur membawa kepuasan.

Bersyukur membuat kamu akan semakin jeli mel…

tawa dan air mata

Dalam dua hari ini, Tuhan mengijinkan aku untuk melewati dua hari yang amat berbeda.
Hari sabtu kemaren, aku dan keempat teman kosan lainnya melayat ke rumah salah satu teman kosku yang ibunya meninggal dunia. Rumahnya di pasuruan. Perjalanan satu setengah jam dari malang. Sebenarnya agak nekat juga sih kami bela-belain dating ke rumahnya, secara kami hanya berbekal bis dan angkot, tapi demi teman apa sih yang nggak. Rosye, teman kosku yang juga ikut ngelayat bilang kayak gini ‘mungkin kita bisa nyumbang duit sebesar apapun, tapi yang mbak dessy butuhin sekarang, justru perhatian kita dan dukungan kita yang kita wujudin lewat dating ke rumahnya’. Dan benar ternyata, mbak dessy menyambut kita dengan hangat, walopun penguburan ibunya udah selesai tapi kedatangan kami cukup mengagetkan dia. Aku senang telah sedikit menghibur temanku. Kami tiba kembali di kos sudah jam delapan malam. Baru beristirahatt sejenak, ada sms masuk, berita duka. Kakak dari teman kuliahku, yang dulu pernah akrab …