buat nike,,, selamat ulang tahun


3 juni 1991

Aku masih berusia 3 tahun saat itu.
Tapi samar kuingat, waktu itu sudah malam dan para keluarga banyak berdatangan ke rumah. Mama dikamar depan. Aku dilarang masuk, kata mereka: ‘Adek udah lahir. Perempuan’. Aku penasaran melihat mukamu, yang kuingat tangismu tidak kencang, ahhh sampai sekarangpun kadang kau menangis tanpa suara bukan? Haha.

Aku lupa. Tapi yang kuingat kemudian mama berkata bahwa namanya nike. Aku melihat dengan iri saat kau dengan lahap menikmati air susu mama. Satu kejadian yang masih ku rekam, mama menyusuimu diruang tamu, aku berdiri sampingnya sambil menatap ke halaman rumah kita yang luas, aku berkata ‘ma,,, san pengen ajak adek lari-lari di luar’. Hahaha

Kemudian kau bertumbuh dengan cepat. Kau sangat ramah. Kau selalu tersenyum, liat saja foto masa kecilmu yang sangat centil itu. Semua orang mencintaimu. Kau sering sakit. Perhatian papa dan mama banyak terkuras buatmu. Hahaha maafkan untuk bekas cacar di perutmu karena saat itu aku yang menyuruh memecahkannya.

Kita bertumbuh bersama. Setiap hari diwarnai oleh pertengkaran kita. Berebut sesuatu. Mengolok-olok untuk hal yang sepele. Melaporkan kenakalan yang lain sama mama-papa. Masih ingat bukan kalimat ini, ‘lu tunggu e, mama pulang b kasitau’. Hahahaha. Jujur dek, mulutmu itu selalu pedas kalo berbicara. Aku SMP dan ketidakakuran kita semakin menjadi. Tapi anehnya aku tak pernah sekalipun melupakan kamu. Kau selalu kubawa kemanapun. Waktu aku latian lomba baca puisi, belajar kelompok, besihkan kelas, dan ingat kan nik, waktu kamu mengajarkan kelompokku untuk menari tarian aneh buat ujian praktek kelulusan SMP? Hahahaha.

3 Juni 2009
Dan sekarang kau sudah 18 tahun.
4 tahun bersamamu di kota ini, sungguh suatu kebahagiaan buatku. Terima kasih Nik. Makasih untuk selalu mendengar cerita-ceritaku. Makasih selalu menemani aku saat diriku butuh.
Nike, rasanya gak berlebihan kalo aku kemudian mengatakan bahwa sebenarnya dalam keluarga kita dirimulah yang paling menyenangkan untuk diajak mengerjakan sesuatu. Kamu yang paling rajin nemani mama masak didapur, sedangkan aku dalam kamar baca novel. Kamu yang pertama dicari papa untuk nyabut rambut putih. Kamu yang kucari untuk menemaniku beli baju. Kamu juga yang dicari nyongki kalo dia pengen maen bola. Hahaha. Betapa fleksibelnya dirimu.

Kau sudah dewasa. Dan aku baru menyadarinya akhir-akhir ini. di mataku, dan mungkin di mata mama dan papa kau selalu menjadi si kecil nike yang suka menyanyi, yang suka banget ngaca, yang dulu waktu kecil gak bisa bedain telur dadar sama telur mata sapi, yang dulu juga suka ngangkat-ngangkat alis gak jelas. Hehehehe

Selamat ulang tahun yang ke 18 Nike Frans.
Semoga kau selalu bersukacita.
Tetaplah tinggal dalam TUHAN.
Ingat, bahwa mama, papa, kaka san dan nyongki selalu mendoakan kamu.
Kami menyayangimu.
Kamu kebanggaan kami.

Salam,
Kakakmu yang kadang menjengkelkan tapi ngangenin hahaha.

Komentar