Postingan

Menampilkan postingan dari November, 2010

intern

Gambar
satu minggu telah melewati internPuji Tuhan banyak pelajaran berharga di UGD. Dari ilmu, pengalaman, pelajaran hidup dan memaknai kehidupan.
ada banyak kisah tragis yang kusaksikan, kisah nyata tragis yang benar-benar terjadi di depan mata. ada kasih yang herlimpah di dalam UGD maupun ketika di ruang akut. ada pengharapan, ada usaha maksimal, ada tepukan di bahu, ada pelukan, ada air mata. Pilu tapi terjadi Mengenaskan tapi demikianlah.
Adalah seorang ibu, perawat di Rumah Sakit kabupaten. Dua puluh empat tahun sudah menjalani profesinya, dan menikmati masa masa akhir profesinya di UGD RS tersebut. Di siang yang tak terlupakan itu, siapa nyana, ketika ambulance datang, dia bersiap dengan sigap seperti biasa mengambil brankat untuk memindahkan pasien, dan bahkan mimpi pun dia tak perbnnah, ketika pintu ambulance di buka dan anaknya yang tergolek berdarah tak sadarkan diri, sehingga kemudian di rujuk ke tempatku, dan penanganan sudah terlambat. Aku sempat membagging berberapa jam, tapi, perdara…

Selamat hari minggu

selamat hari minggu...
Hari ini dimulai dengan bangun jam 5, dan kesalahan pertama yang saya buat hari ini adalah tidak langsung membuka alkitab dan berdoa, tetapi membuka laptop dan mengerjakan tugas. Ketik sana, ketik sini, jam setengah tujuh tugas pun jadi. Kesalahan kedua adalah tidak juga ngambil waktu saat teduh, tapi tergoda untuk itidur lagi. Jam 8.45 terbangun dan tergesa-gesa ke kamar mandi, bersiap untuk pelatihan basic surgical skill alias latihan jahit menjahit. pegi itu juga perpisahan dengan enjel. Hampir dua minggu dia nginep di kontrakan. Dan aku sangat menikmatinya.
Semalam ga makan malam, dan ga ada persiapan snack di kamar. pagi ini juga ga sempat sarapan, cuma minum setengak air putih. Dua sms masuk, dari teman-teman yang memberitahukan kalau kegiatan di Rumah sakit sudah dimulai. tergpoh-gopoh, setengah berlari menuju Rumah Sakit, dan memang sudah dimulai. Akibat perut kosong, tidak seratus persen pagi itu. Acara jahit menjahit harus didominasi oleh tangan saya ya…

Doa ibu

'Di doa ibu kudengar, ada namaku disebut'
Setiap kali mau ujian, selalu sms atau telepon mama untuk minta didoakan. Kebiasaan dari SMA, yang terus terbawa sampai di pendidikan profesi di Rumah Sakit alias coas. Entahlah, walaupun saya bisa berdoa sendiri, tetapi mengetahui ada seorang lain yang dengan sungguh-sungguh memohonkan kepada Tuhan tentang saya itu suatu kekuatan tersendiri bagi saya, terutama dia adalah ibu saya.

Pause and pondering

Gambar
Tuhan menciptakan indra…
agar dengan indra Tuhan dapat mengajarkan banyak hal
agar dengan indra manusia dapat peka…
Mata…
mata ada untuk menatap,
menatap ciptaan Tuhan yang indah,
mata ada untuk menyadari,
menyadari wajah susah sesama,
mata ada untuk melihat dan belajar
belajar setia seperti orang lain.
Telinga..
telinga ada untuk mendengar cerita teman
telinga ada untuk mendengar teriakan orang sakit,
telinga ada untuk mendengar kesakitan mereka
telinga ada untuk menggugah hati
Mulut
Mulut ada untuk berkata seperlunya dan membangun
mulut ada untuk membisikkan kata-kata penghiburan
mulut ada untuk memuji Tuhan
Tangan..
tangan ada untuk menggenggam
tangan ada untuk bersalaman
tangan ada untuk menepuk
setelah indra, Tuhan kasih hati
Katanya hati kita kecil, mending isi dengan permata..
Hati itu sebidang tanah..
tanah yang menerima semua macam bibit,,
ada bibit kasih, sukacita, pengharapan, juga ada bibit kemarahan, kepahitan dll..
Hati juga kayak peti..
bisa simpan dengan awet semua macam hal..
tapi hati itu juga ka…

Cacing

Gambar
Sesuatu jika diliat dari perspektif, sudut dan oleh subjek yang beda maka akan menghasilkan sesuatu yang beragam.Padahal sesuatu itu adalah satu.Bagi anak kecil melihat cacing merupakan sesuatu yang menakutkan, bagi yang lain mungkin adalah sesuatu yang menjijikan, bagi seekor ayam cacing menjadi sesuatu yang enak dan lezat terlihat, bagi petani cacing adalah keuntungan, dan mungkin punya makna yang beda pula jika dilihat dari kacamata orang biologi, dokter, peneliti terhadap objek helminth tersebut.Apakah cacing berlaku beda terhadap satu persatu subjek tersebut?Sepertinya tidak, tapi tingkah lakunya seolah menjadi suatu paradoks antara satu dan yang lainnya.Memandang sesuatu dan langsung memberi statement negative adalah sesuatu yang tergesa. Terlalu egois karena tidak memberi kesempatan. Ya egois.Padahal jika mau di telaah, jika dipikir lebih lanjut, kita juga tidak lebih baik dari mereka.Manusia itu sombong, terlalu sombong untuk mengakui kelemahan dan kekurangan, terlalu angkuh u…

KTB

Gambar
Kelompok Tumbuh Bersama alias KTB adalah suatu komunitas beranggotakan sekita 3-4 orang. Didalamnya ada suatu persekutuan, persaudaraan saling menguatkan satu sama lain melalui pertemuan rutin biasanya seminggu sekali. Biasanya membahas buku yang sudah 'dikurikulumkan'. Atau buku lain menurut kebutuhan anggota.
Saya ingin menceritakan KTB saya 2 tahun terakhir ini. Kami KTB bertujuh, jumlah yang tidak lazim. Kakak KTB saya adalah K'Loly. Seorang dokter yang sedang mengambil pendidikan spesialis di RSSA. Pertemuan pertamaku dengan kak Lolysudah membuatku jatuh hati padanya. Seperti yang sering diakuinya, kak Loly adalah seorang yang detail. Perfeksionis. Teliti. penuh persiapan. Dan sebagainya. Ditengah kesibukan kuliahnya yang begitu padat, belum lagi tanggung jawab dia dalam keluarga, mengurus anak, mengurus saudara-saudaranya, ditambah lagi dengan pergumulan kesehatan, kak Loly tetap mengambil waktu untuk pelayanan. Melayani adalah kebutuhan, tegasnya. Kami memang sering …

12nov2010

hari ini selesai ujian TKV. Ujiannya sama Dr. Subagjo SpB-SpTKV. Beliau sangat bersahaja menurutku. Situasi ujian sama sekali tidak menegangkan. Bahkan disela-sela pertanyaan beliau masih mengajari. Ujian tadi seputar pneumothorax.
Pertanyaannya runtut, mulai dari definisi, penyebab, jenis, patofis, diagnosis dan penanganan. Untuk lebih lengkap tentang pneumothorax, silahkan kunjungi wikipedia. Pasienku tadi nambah 1, laki-laki 20 tahun datang dengan nyeri dada dan sesak, didiagnosa hemothorax dan sudah dipasang WSD. Ah, semoga secepatnya dia bisa pindah ruangan biasa, kelihatannya dia kesepian.
Minggu depan stase urologi. Katanya stase bedah paling menyeramkan. Cuma bisa berdoa dapat melewatinya dengan baik. Amin.

mengoceh

Gambar
Malam ini pengen nulis, walaupun ga tau apa yang ingin di tulis. Merasakan akhir-akhir ini, hari terlewati begitu saja. Ingin lebih menikmati hidup. Ingin lebih menghargai hidup. Ingin lebih berarti lagi. Ingin memberi pengaruh.
Menyadari bahwa belum seratus persen memberi yang terbaik untuk hidup. yang terbaik dari yang paling baik, harusnya itu yang dilakukan. Karena bukankah hidup adalah anugerah, dan anugerah itu tidak semua mendapatnya.
Perjalanan ini masih panjang Titik akhhir belum terlihat Dalam jalan ini mungkin akan menemui beragam kisah semoga semakin dewasa didalamnya.
Perjalanan ini, mungkinkah membutuhkan teman? entahlah, untuk saat ini, lebih ingin jalan sendiri.
09 nov 2010
gambar: gardenpa.com

hari yang berserah

Gambar
Hari ini banyak kejutan.
Dimulai dari saat teduh di pagi hari, dengan tema bacaan, menamai hari. Semangat bisa didapat atau dipulihkan lewat kata-kata positif, salah satunya lewat menamai hari. Entah itu dinamakan 'hari sukacita',beriman walau sulit', dan sebagainya. Dan kalau harus menamai hari ini, biarlah itu menjadi hari yang berserah.
Hari ini hari minggu. seharusnya aku mengajar di sekolah minggu. Tapi karena diharuskan menjadi observer ATLS di RS maka rutinitas minggu jadi berubah. Jam 8 pagi sampai jam 4 sore aku di RS. Ditengah-tengah kegiatan, menerima berita yang mengejutkan. Kalau tanteku, kakak dari ayah, saat ini sedang koma di RS di Kupang. Betapa hatiku menciut, membayangkan kondisinya, membayangkan kelurgaku yang sedang harap harap cemas, membayangkan situasi rumah sakit, membayangkan semua komplikasi yang dapat terjadi.
Hariku berlanjut dengan pergi ke gerja jam 4.30. Saat itu hujan deras. Gereja yang sekiranya biasanya ramai, saat aku tiba benar-benar masih…

walau mungkin tak terungkap kata

Gambar
Benar, segala sesuatu dalam hati tak selamanya terucap. Begitu banyak perasaan yang mungkin hanya tersendat di leher tanpa sempat dibicarakan. Pikiran kadang terlalu lama menyimpan, meramu, mengolah semua data peristiwa sehingga untuk mengeluarkan dalam vokal tatanan bahasa pun sulit adanya.Sehingga tak sedikit yang kemudian hanya sekedar perasaan tak terucap. Maka, biarpun tak terkatakan, walaupun dia tak pernah membacanya, ijinkan tulisan ini sedikit bercerita, tentang wanita sederhana yang begitu kukagumi ini.
Tak pernah ada yang memberitahuku, tapi aku 100% yakin, kata pertama yang dapat kuucapkan adalah 'mama'. Buktinya sampai sekarang 'mama' adalah yang paling gampang kutemui jika aku menemui kesulitan. Jika 20 tahun lalu aku belajar jalan, terjatuh dan menangis memanggil mama, maka di usia saat ini, ketika aku 'terjatuh' pun, mama masih sosok pertama yang kucari.
Orang bilang 'first love never die'. First love adalah orang pertama yang mengajarkan …

2 minggu bedah

Gambar
Hampir 2 minggu di bedah. Dan puji Tuhan mulai betah disini, walopun awal-awal sungguh sangat tidak nyaman disini. Ga suka aja sama system disini. Yang belum-belum udah MR lah, minggu ke dua hari pertama langsung conference, tentiran sampe tengah malam. Fiuhh. Banyak hal yang bias dipake untuk alas an berkeluh kesah ;(Tapi yah… berusaha menikmati lah. Lumayan, di bedah residennya baek jadi ya ga terlalu menegangkan suasana kerjanya. Bagian yang agak membosankan adalah kalo ikutan operasi. Secara kita hanya melihat dan ikutan berdiri berjam-jam. Hiyyaaa… kadang juga ga seberapa keliatan, ketutupan operator sama asistennya. Capek ya jadi dokter bedah. Kadang kasian juga ngeliat para residen itu, yang pagi jam setengah enam udah visite, trus siangnya naek OK ato poli, jam 3an ngecek pasien di ruangan, kadang jam 6 jam 7 baru pulang. Sehari 24 jam, akumulasi mereka di RS bias lebih dari 12 jam, itu kalau ga jaga, kalau jaga ya bias sampe 40 jam total di RS. Ckckck. Amit amit deh jadi resi…