Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2013

Review Kepulangan Kelima

Gambar
Selamat pagi yang dingin.Hari ini saya mau me-review sebuah masterpiece karya seorang yang saya hormati, Irwan Bajang.Saya jarang sekali menulis review buku kumpulan puisi, jadi terimalah analisa sa yang begitu awam ini. Sementara menulis review ini saya juga tengah membaca dan terperangah dengan buku puisi Joko Pinurbo berjudul baju bulan. Entah mengapa akhir-akhir ini saya menemukan keasyikan dalam membaca buku puisi, suatu genre bacaan yang baru buat saya.Buku puisi karangan mas Irwan ini berjudul Kepulangan Kelima. Diterbitkan independen oleh penerbit asuhan mas Irwan dkk, yaitu Indie Book Corner, yang juga menerbitkan Hawa, buku perdana saya.Buku puisi Kepulangan Kelima ini unik, karena pembaca benar-benar dimanjakan, seperti yang ditulis mas Irwan di halaman pertama, 'Selamat Membaca, Melihat dan Mendengar Puisi'. Karena dengan menerima buku ini, kita tidak hanya menikmati untaian kata, tapi juga akan dibuat terpaku oleh ilustrasi yang hampir ada di setiap puisi. Gambar …

Tayangan Mempermainkan Perasaan

Selamat pagi, saya mau nyinyir lagi nih, ngga kok bukan tentang pilgub yang tengah memanas, ngapain memantik di tengah kobaran api?Ini tentang sebuah tayangan televisi di pagi hari yang mengambil tema ‘kemanusiaan’.Saya tidak sedang menonton tivi, saya hanya mengikuti dari seruan mama yang seru mengikuti acara tersebut. Saya saat itu tengah berada di ruang tamu, dan hanya selewat saja mengikuti acara tersebut. Sehingga acara apa dan ada di stasiun televisi apa saya tidak tahu.Begini gambaran acaranya ;Jadi ceritanya si pembawa acara ingin menolong seorang bapak tua yang cacat dan memiliki tanggungan banyak di keluarga. Pembawa acara pintar sekali membawa penonton untuk hanyut dalam kesedihan hidup si bapak. Jadi diceritakanlah kisah hidup si bapak cacat yang susah payah bekerja untuk menghidupi keluarganya, dengan rumah yang seadanya dan hidup yang sesusah-susahnya. Terus acara ini mau membantu si bapak. Tapi ya ngga langsung kasih duit satu geplok gitu dong, kalo seperti itu tidak se…

Kebiasaan Yang Berganti

"Kak bukannya waktu kuliah dulu suka banget main ps, nonton bareng bola sama moto gp?"
"Itu dulu. Sekarang sudah kerja tiap ada waktu luang mending ketemu ngobrol sama kamu"
:))
Percakapan di suatu malam saat timeline twitter sedang ramai menyemangati Rossi, Pedrosa dan siapapun. Saya ditemani seorang laki-laki yang sudah mengganti kebiasaan main ps, nobar bola  dengan hal yang mungkin kurang memicu adrenalin, yaitu bercerita bersama. :))
Makasi ya
Sudah. Satu kalimatmu itu melebihi rangkaian kata puitis apapun.

SOE PEDULI DAN KUPANG BAGARAK UNTUK ROKATENDA

Gambar
Selamat hari Senin.Selamat hari Kebangkitan Nasional.Selamat sudah berhasil menjadi penggerak, Forum Soe Peduli.Saya akan menceritakan sedikit tentang kegiatan konser Amal 1000 Aksi Cinta Untuk Rokatenda yang sudah dilaksanakan tanggal 18 Mei 2013 di Lapangan Voli Aspol, samping SMA Efata SoE.Saya menulis ini setelah 35 jam kegiatan itu berlalu. Sengaja saya ulur menenangkan degup jantung ini yang terlalu kuat berpacu paska acara konser. Semoga rasa tulisan ini tetap orisinil seperti ditulis sesaat setelah acara.Baiklah, mari memulai cerita ini dengan syukur, Terpujilah Tuhan yang sudah memungkinkan acara ini terjadi. Yang sudah membuat cuaca di Soe yang mendung tapi tidak hujan, padahal sehari sebelumnya hujan begitu deras mengguyur membuat hati kami semakin tidak tenang. Pagi hari tanggal 18 Mei jam 10Kami sudah berkumpul di lapangan Aspol. Personil yang ada saat itu : Angel Nalle, Nansi Amu, Serly Saekoko, Mea Dolpaly, Ale dethan, Yosua Sriadi, Serly Leo, Irene Ully, Kak Grace, Nov…

Kepada Papa

Anakmu ini sedang berusaha
Memahami cintamu
Yang kamu bahasakan
Dengan cara tidak biasa.

13 Mei 2013
Saat di depan televisi, mendengar kamu berkata itu.
Terima kasih.

Cerita Persiapan Konser Amal Rokatenda di Soe

Gambar
Selamat berjumpa kembali teman semua."
Kali ini saya mau menceritakan tentang kegiatan Forum Soe Peduli yang masih terus berjalan. Bagi yang sudah pernah membaca postingan saya bulan april kemarin tentang ‘Kopdar Lanjut Stand Up Comedy’, mungkin sudah mengetahui rencana kami dari Soe Peduli kerja sama dengan #KupangBagarak untuk mengadakan konser amal untuk saudara-saudara kita pengungsi rokatenda.Jadi sebagai follow up kegiatan tersebut, saya menceritakan rencana ini kepada teman-teman Soe Peduli saat pertemuan di rumah Sherly Leo hari Senin, 29 april 2013. Dan bersyukur sekali teman-teman seperti biasa antusias untuk kegiatan ini. Kita mulai mereka apa-apa saja yang menjadi kebutuhan untuk konser amal ini.1. Tanggal
Kak Irene mengusulkan untuk tanggal 11 mei, tapi banyak yang tidak setuju dikarenakan terlalu tergesa, akhirnya setuju tanggal 18 Mei.2.Tempat
Semua langsung setuju untuk diadakan di Lapangan Voli asrama polisi samping SMA Efata.3.Dana
Berhubung ini konser amal, kit…

Kita dalam Kata

Gambar
Siapa pencipta kata-kata?Maksudku
Siapa gerangan yang menetapkan
Kata seperti
A-k-u untuk aku
K-a-m-u untuk kamu
Dan
K-i-t-a untuk kita?Karena ketiga kata itu begitu sederhana
Gampang dilafalkan,
Seperti memang sudah seharusnya demikian.Tiga kata yang menyatukan
Aku dan kamu
Menjadi kita.Semudah itu pengucapannya.Maka sudah seharusnya
Aku dan kamu
Selagi masih ada kata kita
Akan selalu dimudahkan.Oh ya,
ada juga kata yang tak begitu rumit
C-i-n-t-a untuk cinta.Untuk sebuah momentum di awal Mei, 2013.

Dengar

Seperti burung kecil yang nyaman
Berlindung di rimbun pohon cemara,
Begitupun aku, bahagia meringkuk
Dibawah teduh tatapanmu.


Serupa si burung yang bersukacita
Meloncat dari dahan ke dahan
Tanpa takut jatuh dan terluka
Akupun tak pernah ragu
Melanglang, mempelajari hidup, bersamamu


Layaknya burung itu, menyanyi berteriak
Tanpa peduli suara cemprengnya
Membuat pohon beranjak
Begitupun aku, tak ragu
Menyuarakan bisikan hati
Tanpa berpikir, kamu akan berpaling


Maka perhatikanlah
Pohon yang makin kokoh
Dan burung yang makin tua
Aku juga rindu bertambah umur
Dengan kamu.

Rindu ( Bagian Kesekian)

Kalau mengingatmu dapat membuat kaya, siap-siap dunia terkejut dengan milyader baru, aku.Kalau rindu adalah mata pelajaran, jangan ragukan kemampuanku mendapat 100.Jika saja rindu ditanam dan berbuah, yakinlah punyaku yang terlebat dan tersubur.Jika rindu dapat ditransfer, siap-siap menerima kiriman tanpa batas ini.Hanya saja,
Apa kau bisa mengerti ini?